Powered By Blogger

Rabu, 27 Oktober 2010

Berita Harian > Informasi > Merapi Meletus, Korban Terus Berjatuhan Merapi Meletus, Korban Terus Berjatuhan

Merapi Meletus, Korban Terus Berjatuhan – Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan Gunung Merapi sudah meletus. Letusan ini ditandai dengan turunnya lava disertai awan panas dari puncak Merapi.
Foto Merapi Meletus
Foto Merapi Meletus
“Iya benar Merapi sudah meletus ditandai awan panas tanpa henti, kami menyatakan sudah meletus,” kata Kepala PVMBG Surono kepada wartawan di lerang Merapi, Selasa (26/10/2010).

Dia menjelaskan, turunnya awas tercatat mulai pukul 17.02 WIB hingga saat ini. “Sejak pukul 17.03 WIB dan tanpa berhenti hingga saat ini,” tuturnya.
PVMBG, tambahnya, belum bisa memastikan ke mana arah lava tersebut akan turun. “Semua pos masih disiagakan untuk memonitor arah pergerakan awan panas, kita belum tahu,” paparnya.
Sejumlah warga dan tim relawan mengalami luka bakar akibat terkena semburan awan panas dari letusan Gunung Merapi.
Menurut dr Adi Mulyanto, tim dokter RS Panti Nugroho, sudah ada 6 orang yang masuk rumah sakit akibat luka bakar terkena awan panas. “Enam orang sudah masuk ke rumah sakit ini karena luka bakar, di antaranya relawan,” ujarnya saat di hubungi okezone, Selasa (26/10/2010) malam.
Menurut dia, dua orang di antaranya sudah dirujuk ke RS lainnya karena kondisinya kritis. “Luka bakarnya hampir di seluruh tubuh dari kaki hingga wajah,” terang Adi. Lebih lanjut dia mengatakan, korban sudah mendapatakan penanganan luka bakar dari tim medis.
Sebelumnya diberitakan, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan Gunung Merapi sudah meletus. Letusan ini ditandai dengan turunnya lava disertai awan panas dari puncak Merapi. Turunnya awas tercatat mulai pukul 17.02 WIB hingga saat ini. “Sejak pukul 17.03 WIB dan tanpa berhenti hingga saat ini,” kata Kepala PVMBG Surono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar